Minggu, 04 September 2011

it's not only about fun; it's my childhood

coba, lo obrak-abrik tumpukan buku komik lama lo,
yang ada di pojokan,komik yang bertahun-tahun ga lo sentuh, yang dulu lo ga pernah absen buat baca
dan yang terpenting belum dijual ke tukang sayur buat bungkus cabe *pengalaman
gimana perasaan lu?
yah, yang gahol-gahol mungkin mengerutkan kening, jerit-jerit
"iiihh, engga banggetzz decchhh nih komik! najiss, kok gue pernah baca beginian!" sambil sikap lilin.
kalo lo salah satu yang berpikir begitu, selamat, lo udah tumbuh dewasa...tepatnya kebelet tumbuh dewasa.

coba, liat lebih seksama. mungkin, sekarang lo memandang geli ke komik kayak detektif conan, pokemon atau Ruroni Kenshin, sambil mikir, "nih komik ga gue banget deyy", dengan beribu alesan kayak,
"conan itu contoh buruk sebagai anak kurang gizi, sampe sekarang ga gede-gede.", "pokemon itu makhluk-makhluk gaje" atau "mustahil ada orang seawet muda kenshin"

tapi beberapa tahun yang lalu, berani taruhan, lo masih ngelap ingus sambil ngeliat takjub gambar-gambar yang sekarang lo anggep menggelikan sambil mikir,
"hebat ya...aku kalo udah gede mau jadi kayak gini ah."
alaah gausah ngibul.
di mata kecil kita dulu, anak kurang gizi itu adalah detektif terhebat sepanjang masa, kartini para anak-anak, dimana ia membuktikan, anak-anak juga bisa keren dengan menggeledah mayat orang yang menggantung di tempat pembakaran sampah.
makhluk-makhluk yang gapernah masuk dalam sistem taksonomi itu dulunya merupakan hewan-hewan piaraan ideal buat kita. halo, siapa sih yang ga pengen punya curut merangkap power supply?
dan Kenshin Himura itu...ah, udahlah, dia emang tokoh sepanjang masa.
masih banyak lagi contohnya. gue sendiri punya puluhan nama tokoh kartun yang gue tau, dan menjadi bagian dari masa kecil gue.
yoi, part of my childhood.

Ruroni kenshin (c) Watsuki Nobuhiro art by arriku.deviantart.com 

gue inget, ada yang namanya carcaptor sakura, tuh, cewek yang nangkepin kartu2 atau apalah, dengan piama pinknya yang kece, dan bisa berganti jadi gaun yang lebih keren dari desainnya christian sugiono dior.tiap minggu gue nonton itu.
ada lagi Ranma half, dimana ada anak cowo yang kalo kesiram air panas bakal jadi cewe bertete gede, bukannya melepuh dan guling-guling kayak gue. alamak, itu paporit abang.
dan banyak lagi, tapi yang paling favorit sampe sekarang; Dragon Ball
Ah ya, gue inget. dulu gue belajar baca pake buku-buku doraemon, sinchan, dan dragonball. saat itu gue masih polos, sampe ceng-cengan yang gue ngerti cuma,
"kepalamu mirip biji nangka"
sampe sekarang, gue udah ngerti jokes semacam, "kamu ga punya bola".
   Songoku dan kintoun-yang hanya bisa dinaiki orang-orang berhati bersih. kalo gue yang naik, robek kali.

postingan ini pun turun gara-gara gue ga sengaja garuk pantat dan nyenggol salah satu seri dragonball yang belom pernah gue sentuh selama 7 tahun terakhir. makasih ya om Toriyama..

selain anime, ada rugrats, cerita tentang bayi-bayi kelewat pinter bertualang dalam dunianya. dulu gue selalu pengin punya ade sepinter Tommy, sang pemeran utama. belakangan, gue sadar, kalo beneran, gue bakal dibegoin ade sendiri. ada franklin si kura-kura bertopi, blues clues, yang hostnya kece sayang dongo, fairy odd parents, danny phantom yang super kewl,....

walah, untuk sejenak postingan ini keliatan kayak blog anak kecil yang lagi galau memutuskan kartun favoritnya.
bukan. mari saya bawa anda kembali ke A.L.A.Y
dari judul-judul yang gue sebutin di atas, pasti dua atau tiga judul ada yang lo kenal. lebih baik lagi kalo di antara judul di atas, ada yang bisa bawa lo kembali ke masa-masa kecil.

bersyukurlah kalian kalo emang iya. buat kalian yang mikir, "apasih, itukan cuma buat hiburan doang, pas gue masih kecil. gapenting.". gue dengan berat hati mengatakan, ya pas lo kecil. lo udah dewasa, tutup tab ini, jadilah orang dewasa yang seharusnya seperti menurut lo, dan buang jauh-jauh kenangan waktu lo masih ngulum bantal sambil nonton kartun sabtu pagi.

yah, paling 12 tahun kedepan lo cuma bakal ngeces ngeliat anak lo ketawa-tawa nonton tipi. kangen mba?
masa kecil ga datang dua kali, kawan.
buat yang belum ngarahin kursor ke tanda "x" kecil di pojok atas.
kartun apa yang dulu paling lo suka?
inget lagi jalan ceritanya, inget lagi perasaan lo saat nontonnya, inget lagi apa yang terjadi saat lo nonton.
nyadar atau engga, tiap hari lo baca atau nonton kartun favorit lo, time flies, and you grow up.
secara ga langsung, lo tumbuh bersama kartun-kartun itu.
episode pertama dragonball, lo masih pake singlet. ga kerasa, ketika udah nyampe episode sekian lo udah pake baju putih-biru, atau tingkat ekstrim, putih abu-abu *benerin kerah*. padahal sih filmnya diulang-ulang

ya, kartun dan komik itu emang dibuat sebagai hiburan. tapi gue berpikir, yah, kartun atau komik lebih dari sekadar hiburan aja. hiburan sih nimpukin anak tetangga juga udah asik.
sementara kartun dan komik...pasti ada. segelintir kenangan masa kecil inyi-minyi kita dengan kartun di dalamnya. entah itu ga mandi tiap minggu pagi karena nonton kartun, nabung buat beli tamagotchi biar berasa di dunia digimon, atau jatuh dari tangga karena mau niruin aksi detektif conan.
jangan bohong, ya...jujur aja.

ini bukan cuma kesenangan; tapi juga bagian dari masa kecil saya.
kalo sekarang masih belom kerasa, mungkin nanti. nanti, pas lo udah kuliah atau gendong anak, ketika lo lewat sebuah toko buku tua, dan ngeliat suatu judul di etalasenya,
lo bakal nyengir kuda sambil bilang, "jadi inget dulu."
ganteng abis.
dan ramalan gue kadang tepat.
percaya deh.
cause they're part of your childhood.
and i'd like to thanks them; thanks for the memory.


note:
Dragonball                                  (c) Toriyama Akira
Ruroni Kenshin/Samurai X      (c) Watsuki Nobuhiro
Detective conan/case closed  (c) Gosho Aoyama
Ranma half                                  (c) Takahashi Rumiko
pokemon                                     (c) Tajiri Satoshi/ Nintendo
Cardcaptor Sakura                     (c) CLAMP
Rugrats, Danny Phantpom, Fairy Odd parents, blues clues (c) Nickelodeon
Franklin/Franklin the turtle (c) Clark Brenda, Bourgeois Paulette

Tidak ada komentar:

Posting Komentar