Selasa, 11 Januari 2011

tompel lorentz

iya, gue brengsek. di saat sebagian besar rekan sesama kelas 9 sibuk belajar, gue malah rajin2 bikin entri.
*gue ngetik sambil dengerin anak tetangga jerit-jerit gara3 ditakut-takutin bokap.

ada yang tau ga kalo hari favorit gue -currently- selasa? gatau juga gapapa --". Soalnya hari selasa pelajaran di sekolah tuh yang bahan uan semua. artinya: ipa ama bahasa inggris ketemuan.
ironis sekali, 2 pelajaran sebelumnya bahasa indonesia sama matematika.

pas pelajaran matematika, shinta (kd) udah keliatan gelisah, gue bilang,
"sabar, sin, setelah ini kita bebas"
shinta ngeliatin gue, trus bilang,
"ga, gue kebelet pipis."
heck.

bahasa inggris yang ditungguin, gurunya malah ga masuk. katanya, mr. coolman sakit. gue juga kaget. trus gue bilang gini ke diska,
"dis,...mr. coolman ga masuk."  dengan muka (di)sedih(in)
"gue tau ga, lu sedih coolman ga masuk. ga ada yang ngeledekin gue!"
yah, ketauan deh.
sebenernya sih gapapa, toh pasti ada aja yang ngeledekin diska selain mr. coolman. saya tidak akan merasa kesepian.

pas bahasa inggris, kami melewatkan waktu demi waktu tanpa kehadiran mr. coolman (geli banget ga sih kata-katanya?)
gue, diska ama hamka nyoret-nyoret mukanya si cucoo immem pake spidol.
diska: "eeh, ketebelan!" -notolin spidol di bawah idung-
gue: "wiih, immem jadi kayak bintang pelem! dis, dis, di bawah dagu, biar kayak bu bolon!"
hamka: -ngakak sejadi-jadinya-

akhirnya, kami berhasil membuat tiga tahi lalat yang lebih mirip tompel, masing-masing di bawah dagu, bawah idung ama atas alis, masing-masing mewakili guru-guru gue. tiga elemen yang berbeda.
gue banyak dosa deh sama immem.
berkali-kali, tomeplnya diapus ama immem, ntar gue ngadu, "wah, dis, diapus!" trus diska nyoret mukanya lagi,
"mam, lo jangan apus ampe pelajaran pak edi ye!",
immem: "ntar kalo ditanyain gimana?"
diska: "bilang aja, ini inisiatif saya sendiri, bair tambah ganteng."
immem: "ntar kalo nanya, "diska ya?" gimana?"
diska: "..."
prediksi immem bener-bener masuk akal.
si immem hanya bisa pasrah. begitu guru ipa gue masuk kelas, si immem buru-buru ngelap tompel barunya, takut diledekin.

ipa, kami belajar buat bahan pm, karena lab yang niatnya mau dipake buat praktek fisika dipake. Pas lagi ngisi-ngisi lks, guru gue jalan kebelakang, melakukan god-knows what, trus balik ke meja diska, naro sesuatu sambil bilang,
"nih, tinggal satu, abisin."
pas gue nengok apaan, itu ternyata gantungan roti-rotian. tau ga, gantungan yang mirip ama roti asli? yang baunya parfum jamet?
"dih, kenapa lo, pak??" kata diska, heran ngeliatin roti plastik di tangannya. mungkin dia pikir, tumben amat tuh orang berbagi makanan.
gue ketawa aja ngeliatnya. si diska bilang, "ooh, pak ed ed lagi cedih, makanya mau makan~ abcd, aduh bo cape dee...!"
watdefffffffuuu~! mana pas pelajaran ipa, anak osis baru (kelas 7-8) pada dateng, mintain sumbangan. diska dan laras sepakat sama anak-anak buat nyorakin anak osis biar pada cere.
"WOOO, PULANG WOOO, PULANG!!!"
gue ikut-ikutan aja, "waaa woooo!"
asoy.
guru gue malah bilang gini ke anak osis, "tadi perasaan pas pelajaran saya udah masuk! (kelas sebelah). kalo mau minta sumbangan tuh, masuk aja, ga usah milih-milih guru!"
guru terge-er setelah coolman.

lanjut, pas pm, jadi harusnya belajar biologi yang cihui, kami, 40 orang murid dikurang 3 ga masuk, praktek fisika di lab. jadi yah, maenan apaan deh, kompas sama adaptor.
dara bertugas nulis/nyatet
diska sebagai mad scientist, maen listrik ampe kribo
kd asistennya diska
gue melototin percobaan trus bikin kesimpulan tahay.
pas percobaan pertama, kita bikin penghubung pake benang, trus dihubungin ke adaptor. di bawahnya ditaro kompas, buat ngeliat efek medan magnet, guru gue bilang,
"jangan lama-lama nyalain adaptornya, nanti benangnya kebakar."
si diska malah dengan sotoynya cetak-cetik adaptor. baru setelah gue ama kd mengingatkan, dia tidak khilaf lagi.
pas di tengah percobaan, tau-tau kecium bau anyir. si diska langsung teriak-teriak,
"WAAA, BAU! BAU! KEBAKAR!!" gue jadi ikutan panik. percobaan buru-buru kami selesaikan sebelum gurunya dateng.
heran, sumpah gue heran. kelompok gue, kd, diska ama dara itu kerjaannya becanda mulu, tapi ujung-ujungnya selese juga. ah, sudahlah, nasi sudah jadi dubur

gue jadi ignet, kemaren hari senin, guru gue menjelaskan tentang hukum lorentz. kan di bukunya ada tentang yang tiga jari itu, jempol, telunjuk ama jari tengah. nah, dia gambar tangan di papan tulis.
lucu deh, sayang ga gue foto buat kenang-kenangan. jempolnya bagus, sisanya menggantung gitu. kasarnya, kayak titit. jarinya ada 6 pula.
diska histeris ngeliatnya, "HAHAHAHAHA, JARINYA KITING!!" kami sepakat, jari seperti itu memang unik, terutama dengan pertambahan 1 jari.
*sejak saat itu, tiap gue ketemu temen seangkatan, gue langsung ngacungin jari tengah sambil teriak, "LORENTZ! LORENTZ!"

ada yang tau artinya di"iling-iling"?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar