woukeh, selama iler gue masih belom kering, ayo kita lanjutkan curhat hari kedua study tour smp negeri 5 yang ciamik.
22 Mei, 2011: Hotel Grand Lembang
jam 05:40,
gue masih menggeliat di kasur. Mia udah buka jendela. Dasar udik ya, kena udara pagi gue malah makin menggelinjang. setelah mandi yang cuma sekadar usap-usap, gue nonton spongebob sampe waktunya sarapan.
06:30-kapan gue lupa
setelah sarapan, mejeng dan senderan di bus. saat ini udah keliatan gelagat ga enak, gue udah mulai dipanggil sopir sama temne-temen gue. vita dibisikin sama seorang anak guru:
"kakakk~ kakak bawa patung ya? patung yang tadi malem nyupir?"
tai lo dek.
usai ber-cikuap (ya, gue juga ga ngerti artinya) ria, kami melambaikan tangan pada grand lembang.
Pemberhentian pertama: museum Geologi
09: sekian-10:30
asoy geboy, turun dari bis masih harus jalan 200 meter, lewat gedung sate, buat nyampe ke museum ciamik ini. disini asik loh, no offense. nonton film semacam discovery channel, yang durasinya 10 menit, ngantrinya 20 menit. trus liat-liat fosil.
yak, gue norak. seumur hidup gue, baru sekali doang gue liat fosil t-rex dan nenek moyang gue, stegodon, aka gajah purba.
pas lagi liat-liat batu-batu (ada obsidian loooh :D), ada tuh, guru komputer gue, pak ati -nama samaran-
pak ati serius bener liatnya, mungkin karena dia terbiasa mainan hardisk.
dan digrepelah salah satu batu meteor yang dipajang.
"Pak ati!" bentak gue dan vita -iya, ini beneran-, menghentikan kegiatan maksiat tersebut.
ehh, dia ketawa sambil bilang,
"waduh, bapak kekuatannya ilang nih! bapak kan superman, kalo megang batu kekuatannya ilang!"
gue dan vita hanya berlalu tanpa berkata macam-macam lagi.
puas liat-liat, gue keluar museumi. ya kawan, pak Ati masih asik dengan bebatuannya: kali ini bom tai sapi.
di luar, gue makan es duren (lagi), tapi dijamin, yang ini enak beud, biarpun harganya 7 ribu. trus ada yang jual action figure tuh, lumayan bagus.
gue mencari sesosok pria ganteng berambut putih kesana kemari namun tak jua kulihat, trus gue nanya:
"bang, ada jiraiya ga?"
abangnya mikir bentar trus tergagap-gagap nunjuk itachi. "dek, jiraiyanya abis, itachi aja nih, bagus!"
bo'ong aja lo bang.
sejak kapan si kutil jiraiya bisa laku? lagian bagus itu kumisan, bukan itachi.
sekitar jam 11:
semua anak udah ngumpul di dalem bis, megangin kotak makan siang. pak ati yang notabane harusnya di bis gue, ga ketauan rupanya dimana.
katanya belom dateng. kata gue, dia masih sibuk dengan batuan tercintanya.
ini nih yang lucu,
pak alim akhirnya nelpon pak ati tuh pake henpon dia. beginilah percakapannya,
pak alim: "halo, pak ati?"
pak ati: "iye?"
pak alim: "pak ati dimana ya?"
pak ati: "saya lagi di bank mandiri, ada apa ya?"
pak alim: "ini pak, kita semua udah di bis, nungguin pak ati nih. cepetan ya?"
trus satu bis mikir: dimanakah bank mandiri yang deket museum geologi?
jawabannya ga ada.
ga lama berselang, pak alim ketawa-tawa dan bilang,
"ooh, inimah bukan pak ati smp 5! ini pak ati tetangga saya!"
gue membayangkan sulitnya jadi tetangga pak alim..
dan bis pun melaju. dan pak ati? dia disuruh nyusul pake taksi.
pemberhentian kedua: Saung angklung mang Udjo
sekitar jam 11:00-14:30
nyampe di saung angklung. entah kenapa yah, orang dari biro perjalanan kemarin kayaknya ngebet banget pengin buru-buru ke saung anglung. mau wakuncar kali.
sampe disana, kita kayak kambing cengok: iyelah, nyampe jam 11, padahal pertunjukan jam satu.
sementara milih-milih oleh", gue gerecokin tuh angklung-angklung yang dipajang.
trus gue liat anak guru yang bilang gue patung lagi nge-dj pake arumba.
gue samperin-dia lari-dia nyamperin ibunya-gue lari
trus, yah, udah lama ya ga cerita mr. coolman? kemarin dia main-main marakas tuh. trus dia bilang,
"sayang anak, sayang anak! seribu tiga!"
gue menjaga jarak darinya...oh iya, coolman itu colong start loh. masa dia masuk yang acara jam 11, dan tanpa dosa duduk di bangku penonton.
lanjutnya, jam 1 akhirnya acara mulai.
ya, acaranya wayang godek, eh wayang golek. trus ada pertunjukan angklung, simulasi arak-arakan sunat, dan belajar angklung.
gue dapet angklung buat nada "do".
dan lagu yang kami mainkan: are you sleeping, brother john? i have a dream, burung kakak tua. itu saja.kalo digabung ketiga lagu itu maknanya menjadi: "bang jon kamu tidur? tadi saya mimpi, burung saya tua".
setelah itu acara joget bareng, dengan binalnya anak-anak di bawah umur menghibur kami.
trus pulang. udah, gitu aja.
kali ini pak ati ga ketinggalan
pemberhentian ketiga: Tempat jajan dan oleh-oleh, dan pipis juga
jam sekian, udah sore pokoknya
kita berhenti lagi di pusat jajanan. eeh, kali ini dapet tuh idaman mamake vita: cheese roll kartika sari. trus gue juga beli pesanan bokap: peuyeum, meskipun disalahartikan temen-temen sebagai "peuyeumpuan".
gatau peuyeum? ituloh yang panjang-panjang, kuning, dan lembek.
setelah puas beli oleh-oleh dan menggeliat, kami melanjutkan perjalanan pulang ke jakarta.
perjalanan pulang kembali ke peraduan: Jakarta tercinta
18:30
dengan bau keringet nempel di badan, dan tas bawaan yang terasa lebih berat 3 kilo karena bawa tape, kami pulang. ada yang tidur, dan ada yang main. gue, vita, zero, tiwi main sambung-sambungan kata. ada tuh, temen gue, listah, astrid, lorita main pancasila lima dasar (gatau ya? cucian deeh)
lorita: "ayo, iklan yang depannya k! apa strid?"
astrid: "apa ya?"
listah: "ada tuh, trid! iklan yang orang batuk-batuk itu, (maksudnya obat batuk komix)
astrid: "ohya! KOMBANTRIN!"
nyeh, ternyata kalo batuk, kita bisa minum obat cacing biar sembuh. thanks astrid.
pas kita udah sampe jakarta, gue berulang kali menjerit, dan vita berjengit karenanya. trus kita sms para ortu minta dijemput: ngakunya sih udah deket, gataunya masih di ancol.
trus beberapa puluh menit kemudian, vita cengo.
gue: "napa vi??"
vita: "gue lagi ngebayangin bapak gue nungguin gue di tengah hujan begini..."
kesian ya.
setidaknya kami semua sampe rumah dengan selamat, dan gue begitu cape: sampe gue ketiduran tanpa nonton sinetron paporit ampe abis.
begitulah.
betew. besok pengumuman NEM UN, doakan gue dan diri kalian ya! yang mau masuk sma 1 siapa aja?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar