Saat itu, gue lagi duduk di depan komputer, surfing di dunia maya, mencari2 scarf texture yang sebenernya ga terlalu penting buat diketik disini. Tiba-tiba, sebuah kolom chat dari seseorang muncul di hadapanku. beberapa patah kata muncul.
"kucingku mati"
gue baru aja mau menulis "mampus lu" pas si pengirim mengirimkan kata-kata berikutnya, "keluarga saya kecuali mama, semua nangis sesenggukan"
yaudeh, gue urungkan niat gue dan membalas, "oh, that's too bad
kemudian, dia mulai mencurahkan hajat,..eh, hatinya ke gue. tentang bagaimana kakaknya menangis sesenggukan ketika sang kucing tercinta terbaring lemah tak berdaya. Ironis, pikir gue. Disini, kita2 (baca:gue, abang, nyokap dan bokap) malah pada nungguin kucing mati ato ilang. Kenapa gitu, pas gue dengerin curhatan orang soal kucing-kesayangannya-mati rasanya miris, padahal disaat yang sama, gue lagi nendang kucing garong yang nyolong ikan sepat.
Gue ga begitu suka kucing.
Dulu waktu kecil, gue pernah miara kucing banyak. Namanya pun macem2. Ada sylvester, tweety (waktu itu gue abis nonton loney toons di rcti), simba (gue lupa apakah karena gue abis baca komik lion king atau makan simba sereal), shadow, sampe marpuat (nah, yang ini gue gatau darimana asal muasalnya). Pokoknya, kucing di rumah gue bejibun deh. Gue sendiri gatau gimana tuh kucing bisa berkembang biak. gue sih tau, bedanya kucing cowok ama cewek, kalo yang cowok, ada gandul2nya gitu. tapi, kalo gue tanya ibu gue, dia cuma jawab, "ya, keluar begitu aja." gue iya2 aja, sambil mengagumi kehebatan kucing yang bisa menghasilkan sesuatu dari udara kosong. tinggal bilang "kun fayakun," anaknya brojol. what a mighty creature.
tapi suatu saat, perasaan gue ke kucing berubah drastis. tetangga gue, yang juga miara kucing, maen ke rumah gue, dengan luka di tangan. gue kira dia abis dipukulin majikan, ga taunya dia bilang, "nih abis dicakar kucingku". jeger. gue langsung merinding. sejak saat itu gue takut deket2 kucing, walopun sebenernya gue ga pernah dicakar. kalo gue ngeliat kucing, gue langsung kebayang tuh kucing ngacungin jari tengahnya ke gue sambil bilang, "hey, jude! look at my shinny minny pedi meni claw!". dan gue pun mengambil langkah seribu. terus, bokap yang ga terlalu suka kucing juga berusaha menjatuhkan martabat kaum kucing di mata gue. dia bilang gini,
bokap: "kucing tuh jorok! berak sembarangan, seenak aja!"
gue: "lah, bukannya ayam2 bapak juga berak sembarangan? kucing mending, kalo berak dikubur."
bokap: "...ya beda dong! kucing itu tainya gede, kalo ayam kan kecil! mana bau lagi!"
yeh, pak. dimane2 tai ya sama aje.
tapi, kayaknya gue jadi beneran ilpil ama kucing. gue jadi ga suka lagi gendong2 apalagi sampe bawa kucing ke meja makan kayak pas dulu2. tapi gue ga sebarbar bokap gue, yang sampe2 kucing pantatnya dikasih balsem. dia cerita begini:
(PERHATIAN: TULISAN DIBAWAH INI TIDAK SESUAI UNTUK KONSUMSI ANAK2 DIBAWAH 14 TAUN DAN TIDAK BERKEPRIKUCINGAN. BAGI PECINTA KUCING HARAP MEN-SKIP BAGIAN INI )
bokap: "ga, tadi bapak ngolesin balsem ke pantat kucing."
gue: "terus?"
bokap: "ya kucingnya kepanasan gitu. mau dijilat, lidahnya malah kepanasan. yaudah, tuh kucing akhirnya ngesot2 di pasir. wuuuussssssshh!! gitu."
gue: "panasnya ilang ga, pak?"
gue: "ilang, tapi abis itu pantatnya lecet semua."
sumpah, ini cerita nyata.
ga cuma bokap, nyokap gue juga ga begitu suka kucing. padahal dulu dia sayang banget sama si marpuat. eh, sekarang dia suka ngusir kalo ada kucing. kalo dia ngeliat kucing, dia pasti langsung parno dan bilang, "tutup meja makannya! nanti ikannya diambil kucing!" kasian amat yak, kucing ga berdosa difitnah. mungkin si kucing mikir, "ih, enak aja situ ngatain eke! cih, eke juga kalo makan pilih2 kali, ye! cuiih!" ya, malangnya nasibmu, kucing. hidup di dunia dihujami fitnah tak berdasar. saya turut sedih.
oke, let's change the topic -dicakar kucing-
tadi saya sekolah, loohhh....!
dan gue...jadi PADUS! ngakngakngak. hari ini giliran kelas gue, 94, yang jadi petugas upacara. dan untungnya, upacara berjalan lancar. tumben2an amat. gue juga menjalankan tugas gue sebagai paduan suara dengan baik. pas lagi nyanyi "mengheningkan cipta" gue nyanyi dengan sepenuh jiwa raga p:. dengan pede gue menyanyi semerdu mungkin. tiba-tiba di tengah lagu, gue baru sadar, gue salah lirik. besengek.
tadi di sekolah juga ada yang,...eh, well...how to say it...dilabrak.
jadi anak kelas 7, bikin onar di pesbuk, terus dilabrak sama anak2 kelas 9. basi ya? gue jadi pengen liat kebalikannya p:.
lanjut.
yak, gue sih setuju2 aja, kalo ada yang bikin salah, trus ditegur. tapi ditegur ga perlu sampe dimaki2 (kecuali emang nyolot, mungkin perlu rada keras), ditontonin separo isi sekolah (kenapa cuma separo? karena yang separo sisanya adalah tipe2 gue semua, yang asik ngupil di kelas sambil garuk kaki sementara orang laen nonton the labrak show dan 2 jam kemudian, baru bilang, "hah?? dilabrak?! siapa??"). gue udah denger masalahnya. si anak kelas 7 itu ngaku2 pacaran sama anak kelas 9 yang populer, sampe ngaku si cowo-kelas-9-yang-populer itu tergila-gila ama dia. eh, frik -__-. gue jadi agak ga ngerti, kenapa gara2 begituan aja ampe dimaki2 segitunya. kalo pun pengin dibilangin, kenapa ga ditempat sepi kayak di wc aja? yah, ga gue kurang negrti deh yang begituan. mendingan gue no comment dan makan kacang goreng daripada ikut campur urusan orang lain. gue ga mau dibilang sok femes, padahal muka kayak feses, iya ga? -nyiapin bakiak-
biarkanlah mereka selesaikan urusan mereka dengan cara masing-masing. selama pensil masih di tangan gue, everything's gonna be alright. :)
by the way, tadi gue dan diska nyanyi2 lagu "ayah" di kelas. jadul, ya? ya, mau diapain lagi, cuma itu lagu yang gue apal. si diska ngomong gini,
diska: "ga gue ga sabar deh pengen ngambil nilai nyanyi seni budaya"
gue: "kenapa emang?"
diska: "ntar kan elu nyanyi lagu "yang terbaik bagimu/ayah", trus gue panggilin pak edi deh."
gue :-senyum2 sendiri, ngerasa tersanjung-
diska: "biar gua bisa ngeliat dia melengking dengan darah keluar dari kuping."
gue: "kampret."
tapi diska becanda kok, katanya... katanya sih suara gue bagus. Ah, masa? saya tidak percaya, suara melengking kayak banshee gini kok dibilang bagus. bagus di anatara bison, mungkin, yak.
ah, look at the time, gue harus siap2 buat besok sekolah, nih. ta~taa!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar